Kamis, 19 November 2009

DIFERSIFIKASI PRODUK


Mengapa perusahaan melakukan Diversifikasi produk?

Karena diversifikasi produk pada suatu perusahaan sangat berpengaruh dengan kelancaran perusahaan tersebut dalam menjalankan aktifitas perusahaannya. Diversifikasi produk dalam perusahaan sangat penting dan harus dilakukan setiap perusahaan karena dalam masa sekarang banyak perusahaan pesaing yang mempunyai produk lebih bagus dan berkualitas. Oleh sebab itu perusahaan harus memiliki strategi untuk membuat perusahaanya tetap bertahan. Penentuan strategi perusahaan yang tepat dapat membantu perusahaan tersebut tetap bertahan dalam menghadapi persaingan pasar diluar. Maka untuk menentukan stategi perlu diketahui variabel – variabel internal maupun eksternal yang mempengaruhi perusahaan baik berupa kekuatan, kelemahan maupun berbagai ancaman dan peluang yang harus dihadapi oleh perusahaan.


Diversifikasi produk Merupakan Kegiatan menganekaragamkan produk yang awalnya hanya berupa satu produk utama dapat dibuat berbagai produk dan dilakukan agar konsumen mendapat inovasi selara dalam pemuasan kebutuhan. Diversifikasi sangat perlu, untuk memberikan lapangan usaha, kerja dan pendapat kepada masyarakat dan dunia usaha.

Diversifikasi tetap berorientasi pasar yakni mempertimbangkan kebutuhan, selera, harapan, daya beli dan segmen pasarnya. Untuk industri pedesaan yang perlu dipertimbangan adalah ketersediaan bahan baku lokal, tentu dengan diadakannya program kerjasama antara dunia usaha dan pemerintah.

Diversifikasi sebagai salah satu alternatif strategi korporasi dapat diklasifikasikan ke dalam tiga jenis: konsentrik, konglomerate, dan horisontal . Ketiga jenis diversifikasi tersebut termasuk dalam kelompok alternatif strategi dalam membangun Grand Strategy, yang dimaksudkan untuk memberi arah dan landasan bagi upaya koordinasi dan pencapaian sasaran jangka panjang. Dari pendekatan lain. diversifikasi dapat pula dibedakan ke dalam dua type: terkait (related diversification) dan tak terkait (unrelated diversification). Alasan Perusahaan Melakukan Diversifikasi Produk Sebagian besar perusahaan mempertimbangkan untuk melakukan diversifikasi ketika menghasilkan sumber daya keuangan yang melebihi (in excess) dari jumlah yang dibutuhkan untuk mempertahankan keunggulan daya saing (competitive advantage) bisnis utamanya. dua alasan diversifikasi, internal dan eksternal yang merupakan dorongan (inducement) bagi pertumbuhan.

PT. Garuda Food mengeluarkan beberapa produk, yaitu:

1. Basic food : Enerfill.

2. Beverage : Flavor tea, Nata drink.

3. Snack : Biscuit, Pilus.

4. Peanut : Roasted, Coated, Ting ting.

5. Jelly : Jelly Drink, Jelly Super Cup, Jelly sedot + jumbo.

6. Biscuit : Cookies,Dipstick & Cup,Dragee/Chocolate,Rice Cracker,Snack & Cereal,Soes,Wafer Cream & Caramel,Wafer Stick.







NAMA : ADITYA PRASETYA

KELAS : 1EB01

NPM : 22209086

Tidak ada komentar:

Posting Komentar