Selasa, 17 November 2009

Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial adalah :
1.Ekonomi mikro
2.Konsep – Konsep ilu manajemen dan penelitian operasi.
3.Kerangka kerja terpadu untuk menganalisis pengambilan keputusan bisnis.
4.Penerapan teori dan metodologi ekonomi dalam pengambilan keputusan di dunia bisnis dan administrasi.
Ekonomi manajerial merupakan penggunaan konsep ekonomi dan metodolgi ilmu keputusan untuk memecahkan masalah-masalah keputusan manajerial. Ekonomi manajerial dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi cara-cara untuk secara efisien mencapai, pada dasarnya , setiap sasaran perusahaan.

Prinsip ekonomi manajerial
Pengalokasian sumber daya yang langka secara efisien merupakan Prinsip ekonomi manajerial. Prinsip tersebut juga dapat diterapkan pada manajemen non bisnis seperti instansi pemerintah, koperasi, sekolah, rumah sakit, museum, dan lembaga-lembaga serupa lainnya.

Peran Ekonomi Manajerial dan Pengambilan Keputusan Manajerial
Pengambilan keputusan didasarkan pada pembuatan model, menganalisis pengaruh dan tindakan alternatif, mengevaluasi hasil perolehan pembuatan model, teknik optimasi, statistik, dan peramalan. Dalam pengambilan keputusan manajerial, selain mengandalkan teori ekonomi makro dan mikro, juga menggenai lingkungan. Para manajer tersebut dapat menggunakan ekonomi manajerial untuk mengidentifikasi strategi penetapan harga dan produksi yang akan membantu memenuhi tujuan jangka pendek ini secepat dan seefektif mungkin. Demikian pula, ekonomi manajerial memberikan peraturan penetapan harga dan keluaran yang mengijinkan perusahaan untuk memaksimumkan laba bersih setelah perusahaan mencapai tujuan pertumbuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar